CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 22 September 2012

Fact of Japan ! - Okonomiyaki

Okonomiyaki :9


Kali ini aku akan ngenalin ke kalian tentang secuil makanan khas Jepang yang bernama Okonomiyaki ! (/^o^)/ sebenernya, aku tuh terinspirasi untuk ngepost tentang makanan ini setelah nonton acara Masterchef Indonesia 2 episode minggu lalu (jujur -_-v) karena makanan ini unik, yaudah deh aku jadi penasaran buat cari informasinya dan tertarik untuk ngepost tentang ini. 
Okedeh, bagi kalian2 yang mau tau tentang makanan ini, langsung aja Happy Reading ! :3

Apa sih okonomiyaki itu ? O.o
Okonomiyaki (お好み焼) adalah makanan tradisional Jepang yang sering disebut "Japanese Pancake" atau "Pizza Jepang". Makanan ini adalah hidangan gurih yang kira2 kayak telur dadar atau frittata dari pancake, yang dibuat dengan tepung okonomiyaki (diencerkan dengan air atau dashi), telur, kubis, daging babi, udang atau makanan laut lainnya, dan ditutup dengan berbagai bumbu seperti saus manis (Okonomi Saus), mayonaise rumput laut, dan ikan kering serpih. Okonomiyaki biasa digoreng di atas penggorengan datar bernama teppan. (wah jangan2 kembarannya bakwan -...-v)


Okonomiyaki adalah salah satu jenis masakan teppanyaki yang bisa dimakan gitu aja atau sebagai lauk pelengkap nasi putih. Okonomiyaki sering dimakan dengan sendok datar yang disebut kote (hera) yang juga berfungsi sebagai sodet sewaktu membalik okonomiyaki.
Dalam bahasa Jepangokonomi berarti "suka - suka" (yang disuka, yang diinginkan) dan yaki berarti "panggang" (istilah "goreng" hanya digunakan di Jepang bila makanan digoreng dengan minyak yang sangat banyak). Sesuai dengan namanya, lapisan atas (topping) okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera orang yang ingin memakannya.

Berdasarkan cara pembuatan dan bahan yang digunakan, okonomiyaki dibagi menjadi dua jenis:

1. Okonomiyaki ala Kansai :
irisan kol dicampur dengan adonan, seperti ketika membuat puyonghai.
2. Okonomiyaki ala Hiroshima (Hiroshimayaki) : 
irisan kol hanya diletakkan di atas adonan yang dilebarkan di   atas penggorengan seperti ketika membuat  pancake.

Sebenernya kayak gimana sih asal - usul okonomiyaki ? O.o
Okonomiyaki berasal dari makanan ringan bernama Funoyaki berupa adonan dari terigu dan air yang digoreng. Di era Meiji, makanan ringan yang disebut Dondonyaki merupakan perkembangan funoyaki dengan tambahan nori, sosis ikan dengan bumbu saus dan digulung dengan sumpit sekali pakai. Di era Showa, dondonyaki berkembang menjadi Kyabetsuyaki yang menggunakan saus uster. Di Tokyo, dondonyaki berubah bentuk menjadi goreng adonan tepung encer di atas teppan yang disebut Monjayaki. Okonomiyaki seperti yang ada sekarang di daerah Kansai dan Hiroshima merupakan bentuk mutakhir dari Kyabetsuyaki.

Tapi nih menurut cerita, okonomiyaki itu diciptakan oleh seorang pelaut Jepang yang sedang mengaduk - aduk tepung terigu (kerajinan -_-*) di kota Kure, Prefektur Hiroshima karena ia begitu ingin memakan pizza seperti yang pernah dimakannya di Italia. Pelaut yang menciptakan okonomiyaki itu, pulang ke tempat asalnya di Osaka untuk memperkenalkan okonomiyaki buatannya di daerah Kansai.


Nah sekarang udah tau kan Okonomiyaki itu apa ?! ^^ (beluuuummm -...-v)
It's enough, thankie :)

0 komentar:

Posting Komentar