CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 21 Agustus 2011

Fact in The Living


Krayon

Bagaimana cara membuat krayon ?

Krayon adalah peralatan gambar yang dapat dibuat dari lilin berwarna, air, maupun talk atau kapur. Krayon biasa digunakan anak –anak untuk menggambar. Disini kita hanya akan membahas cara membuat krayon lilin.

Krayon lilin dibuat dari parafin atau lilin putih. Cara membuatnya, lilin   dipanaskan hingga mencair. Lalu, dicampur dengan bubuk pengeras yang membuat krayon menjadi padat. Kemudian, ditambah bahan pewarna. Ketiga bahan tersebut dicampur dan diolah di sebuah tabung atau tangki besar. Lalu, dituangkan ke dalam cetakan. 
Tahap selanjutnya, adonan tadi didinginkan dengan sistem khusus. Saat sudah dingin, adonannya memadat. Kemudian, mesin cetak akan mengeluarkan lilin – lilin yang sudah berbentuk batangan. Setelah itu, diberi merk atau label. Lalu, dikemas.

Ada juga lho, krayon yang dibuat dari minyak kacang kedelai. Tapi, jarang banget sih. Padahal, bahan ini lebih ramah lingkungan daripada parafin. Parafin, kan dibuat dari limbah industri minyak tanah, yang berasal dari minyak bumi. Sedangkan Minyak bumi, merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Selain itu, parafin mengandung bahan yang beracun. Karena itu, setelah memegang krayon, tangan kita harus segera dicuci dengan sabun dan krayon yang dipegang tidak boleh dimasukkan ke dalam mulut !

Sumber : Majalah Bobo ( Edisi 24 April 2008 )

0 komentar:

Posting Komentar